Sabtu, 02 November 2019

Mitra Medis Mobile Agromedis



Mobile Agromedicine merupakan suatu program yang diluncurkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Jember guna mewujudkan visinya sebagai pusat Agromedis di Asia Tenggara 2025. Mobile Agromedicine merupakan layanan kesehatan ‘berjalan’ yang sasarannya adalah pekerja, keluarga pekerja, dan konsumen dari sektor pertanian. Agromedis (Agromedicine) sendiri, merupakan bidang ilmu kedokteran yang mempelajari masalah kesehatan terkait seluruh kegiatan pertanian dan lingkungannya, mencakup pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan dalam lingkungan biologi, fisika, kimia, dan sosial budaya. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang berkecimpung dan menggunakan produk di sektor pertanian.

Pada hari ini, Minggu 20 Oktober 2019 bersama dengan Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI), Kedokteran Gigi Universitas Jember dan Toko Bismillah, Mobile Agromedicine melakukan baktinya untuk masyarakat Jember tepatnya di Karetan Karangsono, Granden, Puger, Jember. Grenden merupakan salah satu desa di Kecamatan Puger dengan masyarakatnya yang berprofesi sebagai pekerja batu kapur, maka dari itu sesuai Visi FK Unej dimana menjadikan FK Unej unggul dalam bidang Agromedis se-Asia Tenggara tahun 2025, Pelayanan Agromedis ini dilaksanakan di Granden sebagai salah satu cara perwujudan Visi FK Unej.

Fakultas Kedokteran Universitas Jember dengan TBM Vertex melakukan pemeriksaan kesehatan yang terdiri dari Antropometri, TTV (Tanda-tanda vital), serta GDA. Tidak luput pula, sebelum mulainya pemeriksaan kesehatan, dr. Pulong Wijang Pralampita, Ph.D dan dr. Dion Krismashogi D, M.Si memberikan penyuluhan kesehatan terkait Muntaber, serta dr. Adelia Handoko, M.Si dan dr. Sheilla Rachmania memberikan penyuluhan kesehatan terkait Mencuci Tangan yang Baik dan Benar.






Pasien yang hari sebelumnya telah didata dan diberikan kupon oleh panitia dari IJTI, melakukan pemeriksaan kesehatan Antropometri, TTV, dan GDA yang dibantu oleh pengurus aktif dan senior TBM Vertex, lalu setelahnya pasien berkonsultasi kepada dokter, dimana selain dr. Pulong Wijang P, Ph.D, dr. Dion Krismashogi D, M.Si, dr. Adelia Handoko, M.Si, dan dr. Sheilla Rachmania, dr. Prasetya Aji selaku alumni FK Unej serta senior TBM Vertex, ikut membantu dalam kegiatan Bakti Sosial hari ini.

Semua rangkaian kegiatan Bakti Sosial pada hari ini dilakukan secara gratis untuk pasien, termasuk pemberian obat-obatan. Selain kegiatan Pelayanan Agromedis dan Pemeriksaan Gigi dan Mulut, pada akhir acara, pasien bisa menukarkan kupon dengan sembako yang telah disiapkan oleh pihak panitia IJTI dan Toko Bismillah.





Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Supangat, M.Kes., Ph.D., Sp.BA, memberikan tanggapan terkait dengan kegiatan dan kerjasama ini. “Kegiatan yang bagus ini diharapkan akan semakin banyak di rasakan manfaatnya oleh masyarakat petani dan komsumen produk pertanian, dengan visi menjadi dokter pertanian FK UNEJ ingin berkontribusi nyata bagi kemajuan bangsa,”kata dr. Supangat, M.Kes., Ph.D., Sp.BA.

Semoga Mobile Agromedicine dapat selalu memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat Agromedis di Indonesia sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Salam Agromedis

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.