Sabtu, 15 Juni 2019

PELATIHAN BENCANA KEBAKARAN



Hari jumat adalah hari pengembangan diri untuk seluruh warga kampus Fakultas Kedokteran Universitas Jember dengan istilah “Jumat Prestatif”. Pada hari Jumat, tanggal 14 Juni 2019 di lapang parkir gedung OSCE Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Tim Bantuan Medis (TBM) Vertex, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Kedokteran Universitas Jember melaksanakan kegiatan “Pelatihan Bencana Kebakaran”.
Saudara Alfian Zulkifli, ketua TBM Vertex 2018, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan dan mempersiapkan baik mental serta keterampilan seluruh civitas Fakultas Kedokteran Universitas Jember (mahasiswa preklinik dan pegawai) dalam menghadapi bencana kebakaran yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan diharapkan akan mengurangi resiko kehilangan aset maupun jiwa secara drastis. Oleh sebab itu, TBM Vertex bekerja sama dengan Tim Damkar Jember untuk melatih dan mengajarkan agar tau dan sadar akan resiko-resiko kebakaran di sekitar dan mampu memadamkannya, misalnya cara agar tenang dan yakin untuk memadamkan kebakaran akibat kebocoran gas elpiji atau terbakarnya kompor, selain itu langkah-langkah penyelamatan asset maupun jiwa pada kebakaran gedung, salah satunya menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) pun diajarkan.
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Supangat M.Kes., Ph.D, Sp.BA, mengatakan bawah beliau sangat mengapresiasi usaha yang telah dilakukan TBM Vertex dan mengharapkan untuk mengadakan lagi kegiatan serupa,“vertical rescue melalui jalur-jalur evakuasi dari gedung OSCE misalnya, nanti diakhir semua sesi akan ada pos-pos ujian sertifikat, sehingga semua civitas akademika akan mendapat setifikat keamanan untuk masuk area-area tertentu di FK Unej” ujar beliau.




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.