Jumat, 19 Mei 2017

SIMPOSIUM TBM VERTEX “Clinical Approach on General Emergency Cases”

SIMPOSIUM TBM VERTEX
“Clinical Approach on General Emergency Cases”
Alhamdulillah, puji syukur salah satu program kerja besar kami sudah terlewati, yaitu Simposium yang pada tahun ini dipegang oleh Divisi HRD dengan kepala rumah tangganya saudara Nafiys Hilmy. Simposium tahun ini kami mengusung tema kegawatdaruratan yang tentunya sudah merupakan materi yang seharusnya setiap dokter harus mengerti dan dapat mengaplikasikan ilmu tersebut.
Simposium juga masuk kedalam serangkaian acara Latihan Gabungan dan Seminar PTBMMKI Wilayah 4 & 5. Symposium kali ini berjudul “Clinical Approach on General Emergency Cases” ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 23 April 2017 di Cempaka Edel Weiss Grand Ballroom. Berbeda dengan symposium tahun lalu, kali ini kami menyuguhkan 7 materi dari berbagai bidang kegawatdaruratan. Acara symposium diawali dengan sambutan yang diberikan oleh Ketua Panitia saudara Rahmad Adi, Wakil Dekan 3 Fakultas kedokteran Universitas Jember, Penasehat TBM Vertex Prof. Dr. dr. Bambang Suhariyanto, Sp. KK (K), dan Pembina TBM Vertex Dr. dr. Aris Prasetyo, M. Kes.
Semua materi yang disampaikan dibagi menjadi 3 sesi dengan moderator yang berbeda pada tiap sesinya. Sesi pertama dimoderatori oleh senior kami yaitu dr. Aditha Satria Maulana yang saat ini masih menjalani masa Program Pendidikan Dokter Spesialis Jantung Paru di Universitas Brawijaya. Materi pertama yaitu “Penanganan Awal Kardiak Non-Medikamentosa” oleh dr. Suryono, Sp. JP (K) FIHA. Saat ini beliau adalah dosen kami untuk Mata Kuliah Fisiologi S1 dan Mata Kuliah Interna untuk Kardiologi S1. Beliau juga merupakan Ketua Bidang PKB, IDI Cabang Jember dan Anggota dari PERKI cabang Surabaya. Dan materi kedua pada sesi satu yaitu “Update Diagnosis dan Tatalaksana Awal Eklamsia & Preeklamsia” oleh Prof. Dr. dr. Erry Gumilar Dachlan ,Sp. OG-KFM. Beliau merupakan salah satu Guru Besar FK UNAIR Surabaya.
Pada sesi kedua juga terdapat 2 materi yang dimoderatori oleh Penasehat TBM Vertex yaitu dr. Septa Surya Wahyudi, Sp. U. Saat ini selain sebagai penasehat TBM Vertex, beliau juga merupakan dosen kami untuk Mata Kuliah Anatomi S1. Materi pertama pada sesi ini adalah “Update Tatalaksana Awal Steven Johnson Syndrome” oleh Prof. Dr. dr. Bambang Suhariyanto, Sp. KK (K), FINS-DIV, FAADV. Beliau juga merupakan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember periode tahun 2007 – 2011 dan penasehat TBM Vertex. Materi kedua yaitu “Penegakan Diagnosis & Tatalaksana Awal Gigitan Ular” oleh Dr. dr. Tri Maharani, M. Si, Sp. EM. Beliau merupakan Koordinator RECS Indonesia dan Advisor member AMSEM Malaysia sampai saat ini. Pada materi ini juga ditambahi dengan workshop cara penanganan gigitan ularnya. Materi terakhir pada sesi ini adalah materi “Update Tatalaksana Sepsis” oleh dr. Bambang Pujo Semedi, Sp. Ank IC. Beliau merupakan Ketua Perdatin Cabang Jawa Timur dan Wakil Letua “Komite Pengendalian Resistensi Antibiotik” dr. Soetomo Hospital hingga saat ini.
Setelah sesi 2 berakhir dilanjutkan dengan Ishoma sekitar 45 menit kemudian dilanjutkan sesi ketiga yang dimoderatori oleh dr, Yuli Hermansyah, Sp. PD. Beliau juga merupakan dosen kami untuk Mata Kuliah Interna. Materi pertama pada sesi ini adalah “Aplikasi 21 Macam Diet Diabetes (Hasil Penelitian dan Pengalaman Klinis Sejak 1987” oleh Prof. Dr. dr. Askandar Tjokroprawiro, Sp. PD.K-EMD FINASIM/dr. Sri Murtiwi, Sp. PD.K-EMD FINASIM. Pada symposium kali ini beliau materi 2 kali yaitu dengan materi “Terapi Praktis Ketoasidosis Diabetik dengan Rumus 2,4,18,24”. Beliau merupakan Anggota dari FINASIM dan PAPDI hingga saat ini. Materi kedua pada sesi ini adalah “Penegakan Diagnosis & Tatalaksana Status Epileptikus” oleh dr. Komang Yunita Wiryani Putri, Sp. S. Beliau merupakan Staf KSM Ilmu Penyakit Saraf RSD Soebandi dan anggota PERDOSSI hingga saat ini.
Selain berisi materi-materi tentang kedokteran, kami juga menyelinginya dengan pembagian doorprize untuk 5 orang yang beruntung saja, hehe. Symposium ini juga didukung oleh berbagai pihak sponsorship, kami mengucapkan terima atas partisipasi dari Al-Qodiri, Bank BRI, Rumah Batik Jember, Bursa Mahasiswa, WAO Creative dan berbagai Media Partner yang telah membantu symposium kami. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia tercinta dan seluruh senior yang sudah memberikan evaluasi sehingga symposium ini menjadi lebih baik.
                                          Brotherhood for Humanity   






















0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.