Jumat, 17 Maret 2017

SEMINAR NASIONAL, BAKTI SOSIAL NASIONAL, PON, dan PTBMMKI CUP 2017

Semnas Baksosnas PTBMMKI 2017 kali ini diambil tender oleh TBM FK USU dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Acara ini dilaksanakan dari tanggal 24 – 28 Februari 2017 di Medan. Berbeda dari Semnas Baksosnas PTBMMKI tahun lalu, pada tahun ini dibarengi dengan acara PON dan PTBMMKI CUP 2017. Karena acara ini bersamaan dengan PTBMMKI CUP 2017 maka dari TBM Vertex mengirimkan cukup banyak delegasi yaitu berjumlah 5 orang, antara lain Saudara kami Wahyu Ikhwan, M Faizal Akbar, Rahmad Adi, Rana Salsabila, dan Ranindya Putri.
Para delegasi berangkat dari Jember pada hari Kamis 23 Februari 2017 dengan menaiki Kereta api dan dilanjutkan menaiki pesawat untuk ke Medan. Setelah sampai di Medan atau lokasi dari acara tersebut, para delegasi langsung disambut dengan Opening Ceremony, PON, dan Seminar Internal di Aula Fakultas Kedokteran USU dan Gedung Gubernur Sumatera Utara pada pukul 14.00 WIB. Acara ini merupakan prosesi seremonial untuk membuka acara Semnas, Baksosnas, PON, dan PTBMMKI CUP 2017 di Medan. Acara ini dibuka dengan pemberian sambutan dari Dekan FK USU dan diisi oleh perkenalan dari para delegasi, juga makan malam dan hiburan. Dalam Opening Ceremony ini juga ditampilkan beberapa penampilan dari panitia sendiri berupa paduan suara TBM FK USU, tari-tarian, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Setelah agenda jamuan dilanjutkan dengan PON. Acara PON ini berisi perkenalan mengenai PTBMMKI dan strukturnya. Selain itu terdapat pula materi tentang kepemimpinan yang disampaikan langsung, oleh ketua BPP PTBMMKI 2016/2017 yaitu Saudara Randi Putra Pratama. Sedangkan Seminar Internal berisi materi tentang metode START Triage yang disampaikan oleh dr. Mohammer Pasha. Setelah acara jamuan untuk delegasi sudah selesai para delegasi kembali ke tempat penginapan masing-masing untuk beristirahat dan memepersiapkan untuk agenda keesokan harinya.
Agenda selanjutnya pada Hari Sabtu tanggal 25 Februari 2017 yaitu Seminar Nasional PTBMMKI 2017, Workshop, dan Jamuan makan malam oleh Gubernur Sumatera Utara. Diawali dari agenda pertama Seminar Nasional PTBMMKI 2017 dilaksanakan di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumatera Utara dengan tema Current Clinical Views in the Pre-Hospital Emergency Management. Seminar ini dibawakan oleh 4 pemateri. Pemateri pada setiap sesi disampaikan oleh pakar di bidangnya yang beberapa merupakan dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.
Setelah Seminar Nasional berakhir dilanjutkan dengan workshop. Workshop kali ini para delegasi dibawa ke Taman Cadika Kota Medan. Para delegasi dibagi menjadi 2 kelompok besar dimana dalam kelompok besar ini dibagi lagi menjadi 5 kelompok kecil. Kelompok besar yang pertama melakukan workshop tentang water rescue yang dibimbing langsung oleh instruktur BASARNAS Kantor SAR Medan. Disini delegasi diberi pengetahuan tentang alat-alat dasar yang digunakan untuk water rescue dan sedikit teknik water rescue.
Sedangkan kelompok besar yang kedua melakukan workshop medis. Dimana mereka melakukan workshop mengenai penanganan perdarahan, dislokasi, dan fraktur di Pos 1, dan mengenai BLS dan initial assessment di Pos 2. Kemudian kedua kelompok besar ini bertukar tempat.
Setelah melakukan workshop, para delegasi menuju ke Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara. Dalam acara ini, para delegasi dijamu langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si. Para delegasi disuguhi oleh tari-tarian khas Sumatera Utara yang menyimbolkan keanekaragaman suku dan budaya di Sumatera Utara. Kemudian para delegasi dipersilahkan untuk makan malam dengan menu khas Sumatera Utara. Setelah seluruh agenda pada hari tersebut selesai seperti biasa para delegasi kembali ke peginapan.
Agenda berikutnya pada hari Minggu tanggal 26 Februari 2017 yaitu Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2017. Dilaksanakan di Desa Padang Hulu, Kabupaten Tebing Tinggi Sumatera Utara. Disini para delegasi dibagi menjadi 5 kelompok dimana setiap kelompok didampingi oleh satu LO. Pada bakti social kali ini, panitia membuka 5 pos, yaitu pos TTV, pengobatan umum, pemeriksaan obsgyn, pemeriksaan EKG, dan sirkumsisi. Setiap kelompok akan menempati satu pos tersebut, kemudian setiap 25 menit sekali berganti siklus dan bisa memasuki pos yang selanjutnya.
Akhirnya tibalah pada hari dilaksanakannya PTBMMKI CUP 2017, hari yang ditunggu-tunggu oleh para delegasi khususnya TBM Vertex. PTBMMKI CUP tahun 2017 ini merupakan PTBMMKI CUP yang pertama kali diselenggarakan oleh PTBMMKI. Pada tahun ini, PTBMMKI CUP mengusung tema Water Rescue: “Alert and Standby in Managing Flood Disaster”. Di tahun pertama ini pula, PTBMMKI CUP diikuti oleh 6 Tim dari 6 TBM, yaitu TBM FK UI Fakultas Kedokteran Universitas Indoneisa, TBM UMSU Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, TBM UISU Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, TBM Azygos Fakultas kedokteran Universitas Mulawarman Samarinda, TBM Baswara Prada Fakultas Kedokteran Universitas Universiats Warmadewa, dan TBM Vertex Fakultas Kedokteran Universitas Jember.
Acara ini bertempat di Danau Toba, Sumatera Utara. Para peserta dikarantina terlebih dahulu sebelum mereka bertanding, sehingga antar tim tidak bisa melihat tim yang lain. Pada penyelenggaraannya, PTBMMKI CUP ini terbagi menjadi 2 skenario, yaitu skenario bencana darat dan skenario bencana di air. Tiap skenario masing-masing tim diberi waktu selama 25 menit untuk menyelesaikan skenario tersebut.
Setelah melakukan usaha yang terbaik pada ajang perlombaan PTBMMKI CUP para delegasi kembali ke penginapan untuk persiapan City Tour dan Closing Ceremony pada hari berikutnya.
Tibalah hari terakhir pada serangkaian acara kali ini, yaitu City Tour dan Closing Ceremony. City Tour pada acara ini dilakukan ke Tomok, Pulau Samosir, Sumatera Utara. Para delegasi bersama-sama berangkat dari penginapan dengan menggunakan kapal yang telah disediakan panitia menyeberangi Danau Toba menuju Pulau Samosir. Sesampainya di Pulau Samosir, tepatnya di daerah Tomok, para delegasi diajak untuk menuju di pusat kesenian dan sejarah Sigale-Gale. Di tempat ini, delegasi diberi pengetahuan tentang sejarah patung Sigale-gale, Tarian Sigale-gale, serta jenis-jenis rumah adat Sumatera Utara. Selain diberi pengetahuan mengenai sejarah Tarian Sigale-Gale, para delegasi juga diberi kesempatan untuk menari bersama. Agenda selanjutnya adalah Closing Ceremony. Bertempat di Aula Mess Tengku Rizal Nurdin, Parapat, Sumatera Utara. Acara ini merupakan penutupan dari seluruh rangkaian kegiatan Semnas, Baksosnas, PON, dan PTBMMKI CUP. Disini para delegasi dijamu dengan camilan khas Sumatera Utara seperti bika ambon, bolu meranti, sirup markisa, dsb.
Pada acara ini pula, diisi dengan penampilan dari setiap wilayah PTBMMKI, mulai dari wilayah 1 sampai dengan wilayah 5. Kemudian para perwakilan delegasi maju untuk bertukar cinderamata dengan tuan rumah yang diwakili oleh Pembina TBM FK USU.
Selain itu, pada closing ceremony ini juga diumumkan beberapa awarding, seperti delegasi tereksis, delegasi terontime, delegasi terlemot, kakak-abang, dan yang ditunggu-tunggu adalah pengumuman pemenang PTBMMKI CUP 2017. Untuk pemenang PTBMMKI CUP yaitu juara 1 TBM Vertex dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember, juara 2 TBM Azygos dari Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Samarinda, juara 3 TBM FK UI dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Setelah itu acara ditutup dengan penerbangan lampion oleh seluruh delegasi dan flashmob oleh panitia dan delegasi.
Alhamdulillah sekali TBM Vertex tahun ini dapat memenangkan PTBMMKI CUP 2017 yang merupakan PTBMMKI CUP pertama kalinya. Sungguh tidak dapat dipungkiri bahwa bisa dibilang persiapan dari para delegasi sendiri masih kurang dalam latihan fisiknya. Namun berkat usaha yang keras dari para delegasi akhirnya dapat mengharumkan nama baik TBM Vertex di tingkat nasional, semoga bisa dipertahankan sampai selama-lamanya.

 




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.