Kamis, 08 Desember 2016

Diklat Dasar : Diklat Ruangan 2016

Diklat Dasar 2016 : Diklat Ruangan

Sudah menjadi acara rutin tahunan kami, yaitu serangkaian acara oprec atau open recruitment  untuk anggota baru, yeaay. Tahapan awal yaitu yang pasti pendaftaran dulu doong, setelah itu tahap selanjutnya adalah Diklat Ruangan. Dalam tahap ini para calon anggota akan mendapatkan beberapa materi yang dibagikan dalam waktu 4 hari yang berbeda. Yang jelas materi ini berhubungan dengan kedokteran dan ngga lupa juga yang berhubungan dengan ranah UKM kami. Dalam pelaksanaannya materi-materi ini diberikan oleh beberapa senior TBM Vertex, Dosen FK UNEJ dan ada juga  materi yang di sampaikan oleh pemateri tamu diliuar FK UNEJ. Langsung saja pantau terus kegiatan tiap harinyaa.
Diklat ruangan hari pertama dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2016 di tempat biasanya yaitu RK 2-3 FK UNEJ tercintaa. Pada hari pertama ini sebagai awalan dari Diklat Ruangan diadakan acara pembukaan yang dihadiri oleh penasehat TBM Vertex Prof dr. Bambang Suharyanto, Sp. KK (K) dan Pembina TBM Vertex Dr. dr. Aris Prasetyo M. Kes. Setelah pembukaan barulah dimulai materi pertama yaitu materi Basic Life Support (BLS) oleh senior TBM Vertex angkatan 7 dr. Chindia Rima Rohmatika Bunga Lestari.  Tidak hanya materi yang diberikan, namun juga berupa workshop tentang BLS tersebut.
Keesokan harinya, tepat tanggal 12 Oktober 2016 dilaksanakan Diklat Ruangan yang kedua. Berbeda dari diklat ruangan sebelumnya, setelah calon Diklat Ruangan melakukan registrasi langsung disambut dengan pemberian materi. Materi pada hari kedua ini membahas mengenai Bleeding and Fracture Management yang disampaikan oleh senior TBM Vertex angkatan 8 dr. Prasetya Aji Ramadhan. Sama halnya dengan materi Diklat Ruangan sebelumnya, kali ini juga dilakukan workshop mengenai Bleeding and Fracture Management.
Setelah 2 hari membahas mengenai materi kedokteran, barulah pada hari ketiga ini membahas materi mengenai kepecintaalaman. Pada tanggal 18 Oktober 2016 diberikan materi mengenai Survival oleh PA Mahapena dari Fakultas Ekonomi UNEJ dan senior TBM Vertex angkatan 11 Moch. Haedar Faraby. Berbeda dari Diklat Ruangan sebelumnya, workshop dilaksanakan outdoor, karena dilakukan demo cara membangun tenda. Namun sebelumnya ada juga workshop yang indoor yaitu pembangunan tenda doom dan praktik tali temali. Pembangunan tenda, bivak dan pembuatan api dilaksanakan outdoor.
Selanjutnya adalah Diklat Ruangan hari ke empat atau Hari Terakhir dari Diklat Ruangan. Diklatr Ruangan 4 ini dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2016 tepat 1 hari setelah Diklat Ruangan 3. Berbeda dari biasanya setiap hari satu materi, kali ini diberikan 2 materi sekaligus, yaitu yang pertama materi Triage and Evacuation oleh senior TBM Vertex angkatan 8 dr. Febrian Naufaldi dan yang kedua adalah materi Disaster Management oleh senior TBM Vertex angkatan 10 Bakhtiar Yusuf Habibi, S. Ked. Setelah kedua materi disampaikan barulah dilaksanakan workshop. Dalam workshop kali ini dilakukan simulasi untuk mengingat kembali materi Dilat Ruangan dari hari pertama hingga materi yang disampaikan pada hari ini. Simulasi dilakukan dua kali oleh peserta dan simulasi dilaksanakan di lapangan FK UNEJ.

Setelah dilakukan Diklat Ruangan dalam 4 hari ini berakhir pula Diklat Ruangan dalam serangkaian Open Recruitment  TBM Verterx 2016. Tahap selanjutnya adalahg dengan Fun Gym hingga akhirnya adalah Diklat Lapangan. Sudah tidak sabar untuk memiliki anggota baru, saudara baru di TBM Vertex, segeralah bergabung dengan kami. Jangan lupa juga untuk terus memantau perkembangan dari Diklat Dasar ini maupun kegiatan-kegiatan TBM Vertex lainnya yaa.


















Brotherhood for Humanity

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.