Minggu, 27 Maret 2016

Fast and Tactical Action on Fire Management




Disaster Simulation merupakan progam kerja tahunan TBM Vertex, progam kerja ini bertujuan agar anggota TBM Vertex yang menjadi peserta acara ini mampu meningkatkan dan melatih skill dalam kasus kegawatdaruratan.
            Disaster simulation kali ini bertemakan tentang penanganan dalam kasus kebakaran yaitu “Fast and Tactical Action on Fire Management” WOW!!. Acara ini diikuti oleh anggota aktif TBM vertex dari angkatan XI dan XII. Kira-kira kenapa ya kita mengambil tema ini? Karena dengan mengangkat tema ini salah satunya diharapkan semua anggota TBM Vertex bisa bersikap tenang, cermat, tanggap, cepat dan tepat dalam menangani kasus kebakaran, karena kasus kebakaran merupakan kecelakaan yang sering terjadi di lingkungan kita. Disaster Simulation ini dilaksanakan dalam dua hari, Sabtu & Minggu tanggal 26-27 maret 2016. Hari pertama diisi dengan penyampaian materi-materi yang berhubungan dengan pertolongan pertama dari kasus kebakaran yang akan disimulasikan pada hari kedua pada disaster simulation ini.
            Hari pertama Sabtu bertepatan tanggal 26 maret 2016. Materi pembuka pada hari itu yaitu tentang  “Penanganan dan Tatalaksana dalam Luka Bakar” yang disampaikan oleh dr. Rahadi Nugroho, Sp. An. Masih ingat dong dengan dr. Rahadi Nugroho, Sp. An ? Yaps, pada kegiatan Diklat Lanjutan yang baru saja selesai diselenggarakan kemarin untuk angakatan XII juga beliau sempat memberikan materi tersebut. Namun pastinya tidak mengurangi antusiasme dan keaktifan dari peserta karena materi disampaikan dengan balutan cara yang berbeda pula. Disini peserta khususnya angkatan XII bisa merecall atau mungkin bagi masih belum paham bisa menambah ilmu tentang penanganan Luka Bakar.
Materi selanjutnya adalah tentang “Manajemen Awal Trauma Termal Berdasarkan ATLS” yang disampaikan oleh  dr. Muhammad Afiful Jauhani. Untuk pemateri ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam penanganan Emergency Life Support karena beliau tergabung dalam tim ATLS di RS Soebandi Jember.
Materi ketiga adalah tentang “Bleeding and Fracture Management” yang disampaikan oleh dr. Prasetya Aji Ramadhan. Untuk materi ini sangat spesial karena diberikan langsung oleh salah satu senior TBM VERTEX. Memang untuk anggota TBM VERTEX sudah sangat sering dihadapkan dengan kasus-kasus perdarahan dan patah tulang, tetapi sejauh ini tetap saja ada bagian-bagian yang miss dari penanganan tersebut, hihi. Maka dari itu untuk anggota TBM VERTEX tidak boleh bosan dalam mempelajari materi ini untuk upgrading skill penanganan perdarahan dan patah tulang.
 Dan materi terakhir yang diberikan pada hari pertama yaitu tentang “Pelatihan Penanggulangan Kebakaran” yang diberikan oleh UPT PMK Badan Penanggulangan Bencana daerah Kabupaten Jember. Yaah, walaupun materi ini adalah materi terakhir tapi semangat dari peserta tetap 5/5 looh, hihi. Materi-materi yang disampaikan pada hari pertama sangat menarik dan dikemas secara ringan oleh pemateri namun tetap mudah dipahami. Dengan berakhirnya materi terakhir, berakhir pula kegiatan Disaster Simulation pada hari pertama. Peserta diperbolehkan untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk hari kedua.
Naah, tentunya ilmu yang sudah diberikan pada hari pertama kurang berkesan kan kalau tidak disimulasikan secara langsung oleh para peserta. Maka dari itu, barulah pada hari kedua diadakan simulasi dari kebakaran dilingkungan sekitar Universitas Jember. Pada hari kedua, peserta dibagi menjadi 2 tim berbeda yang mana pada tiap-tiap tim dipilihlah pemimpin dan tiap tim ini akan diberikan kasus bencana kebakaran yang sedikit berbeda dengan lokasi dan penanganan yang berbeda pula, wiih, pasti seruuu J
            Pada hari kedua ini peserta benar-benar harus bisa memposisikan diri sebagai penolong pada kasus kebakaran. Peserta dilatih secara emosional maupun skill juga. Maklum, pada keadaan genting dan rempong sudah sering kali terlihat sifat dari masing-masing peserta, sehingga disini peserta dilatih untuk mengendalikan diri dan meningkatkan rasa peduli antar saudaranya. Untuk segi Skill sudah jelas sekali pesrta dituntut memberikan penanganan yang tepat pada tiap-tiap kasusnya. Naah, pada event ini juga merupakan saat untuk berkumpulnya para senior untuk menjadi tim penilai dari tindakan yang berikan oleh peserta. Tapi tidak hanya dari segi penanganan saja lhoo, dari kekompakan tiap tim dan ketepatan waktu juga menjadi salah satu poin dari penilaian.
            Setelah kegiatan simulasi sudah selesai dilakukan, peserta dikumpulkan untuk mendengarkan evaluasi dari  tim penilai dan akhirnya kegiatan ditutup dan peserta dipulangkan. Tentunya banyak hal menarik untuk disampaikan ketika evaluasi, terkait dengan penanganan maupun teknis dari peserta Disaster Simulation. Kegiatan Disaster simulation ini meninggalkan banyak kenangan dan hal-hal lucu yang tak terlupakan. Pada kegiatan ini tentunya kemampuan peserta semakin bertambah dalam penanganan kebakaran. Rasa persaudaraan juga semakin terjalin erat antar anggota maupun antar angkatan di TBM  VERTEX. Yaah, walaupun terasa begitu lelah selama kegiatan pada dua hari ini, tapi tak mengurangi niatan untuk mengadakan Disaster Simulation lagi. Eniwei, kegiatan Disaster Simulation ini baru dilaksanakan 2 kali di TBM VERTEX, sehingga dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan, tapi tetap mengena dihatii. Semoga Disaster Simulation tahun depan bisa terselenggara dengan lebih baik dan lancar, amiiiin. VERTEX !!! JAYA !!!

Sambutan Ketua TBM Vertex, Rakhmat Ramadhani
Sambutan Ketuam BEM FK Unej, Fuad Adi Prasetyo
Sambutan PD III, dr. Sugiyanta, M.Ked

Workshop Terapi Cairan dan Intubasi, dipimpin oleh dr.Rahadi, Sp.An
Materi Penanganan Luka Bakar oleh dr. Afif
Workshop Penanganan Fraktur, dipimpin oleh dr. Prasetiaji
Materi Pemadaman Api di UPT Pemadam Kebakaran Jember
Praktik memadamkan api
Foto bersama panitia, peserta Disaster Simulation dan Pemadam Kebakaran Jember










 "Brotherhood for Humanity"

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.