Kamis, 07 Januari 2016

OUTBOND AND TRAINING ANGKATAN XIII TBM VERTEX

OUTBOND AND TRAINING  
ANGKATAN XIII TBM VERTEX

07-10 Januari 2016
Inilah puncak acara dari serangkaian OPREC (Open Recruitment) Angkatan XIII TBM Vertex. “Outbond and Training” kali ini dilaksanakan di Coban Rondo, Malang, Jawa Timur. Acara yang berlangsung selama empat hari alhamdulillah lancar.
Tim pioner (Rovian, Ilman, Dissa, Trinita, Sofi, Wahyu, Nafiys dan juga penasihat, dr.Kadek, dr. Ipung serta beberapa senior seperti dr.Bintoro, dr.Sany, dr.Ima, Mas Arya, Mbak Arin, Mbak Retno, Mas Habib dkk )berangkat terlebih dahulu yaitu hari Senin, 04 Januari 2016. 
Sebelum pemberangkatan peserta yaitu tepatnya hari Kamis, 07 Januari 2016, dilaksanakan terlebih dahulu upacara pemberangkatan yang mana di upacara ini di komandani oleh Prof.Bambang selalu salah satu penasihat TBM Vertex juga. Upacara berlangsung khitmad, dan juga sebelum pemberangkatan ada beberapa sambutan dari dr.Septa yang intinya “TBM Vertex bukan mencari orang-orang yang hebat tapi kami mencari orang-orang yang loyal demi kejayaan TBM Vertex dan orang-orang yang rela berkorban demi menolong sesama”, itulah pesan pesan beliau.

Foto bersama prof.Bambang, salah satu penasihat TBM Vertex, sebelum pemberangkatan Outbond and Training

Foto bersama dr.Septa, salah satu penasihat TBM Vertex sebelum pemberangkatan Outbond and Training

Sesampainya di camp ground, ada upacara penyambutan untuk Calon Angkatan XIII TBM Vertex yang dikomandani oleh dr.Bintoro. Di upacara ini disampaikan serangkaian acara untuk tiga hari kedepan. 
Penyematan tanda penerimaan Outbond and Training oleh pembina upacara, dr.Bintoro
Setelah upacara selesai, waktunya pendirian tenda untuk peserta Outbond and Training dan dilanjutkan dengan makan malam. Untuk materi pertama dihari pertama yaitu Hipotermi yang disampaikan oleh senior Tomo dan dilanjutkan dengan simulasi dari materi yang didapatkan.
Materi Hipotermi

Untuk hari kedua yaitu ada jelajah. Nah dijelajah ini anggota diajari untuk pencarian dan evaluasi korban. Dan disini mereka dibagi menjadi 3 kelompok dengan dibekali peta menyusuri daerah yang memang sudah disiapkan oleh panitia untuk mencari korban dan ditempat korban ditemukan mereka harus melakukan evakuasi sesuai yang diderita oleh korban.
Evakuasi korban saat jelajah
Nah Outbond adn Training kali ini memang dikemas berbeda yaitu kami mendapatkan materi baru yaitu Tim Building dari Trainer Fakultas Psikologi Untag Surabaya. Banyak kegiatannya mulai dari senam poco-poco dan senam pinguin dan juga beberapa games yang mana disetiap games ada esensi yang bisa kita jadikan sebuah pelajaran. Kami panitia berterimakasih sekali sengan tim trainer yang salah satu trainer beliau adalah istri dr.Kadek.



X-Line, di games ini butuh strategi dan keberanian untuk selalu mencoba, seperti halnya saat kita menjalankan sebuah roda organisasi.

Di games inilah kita belajar untuk percaya dengan pemimpin kita dan sebaliknya. "Dengan sebuah kepercayaan itulah semua akan mengalir apa adanya" .


Beliau Pak Yanto adalah salah satu trainer dari Fak. Psikologi Untag, beliau yg memberikan games untuk menyusun puzzle dan harus jadi bentuk busur sangkar. Di games ini antar anggota tidak boleh saling komunikasi dalam bentuk apapun. Disini kita belajar bahwasanya dalam hidup itu kita harus 
1.Saling membantu dengan memberi dan jangan berharap untuk diberi 
2.Komunikasi itu sangatlah penting  




 

Rela basah basahan demi mempertahankan lilin yang mana LILIN disini diibaratkan organisasi kita "VERTEX" 👉 "Walau badai menghadang, ku kan selalu setia menjagamu" 🎤 by Vertexers.


Makrab = Malam Keakraban sih judulnya iyaa momen untuk mengakrabkan antara anggota baru (Angkatan 13 TBM Vertex) dengan senior-senior dan juga penasihat dan disinilah momen buat PDKT.



Hari terakhir yaitu hari yang ditunggu-tunggu oleh peserta, karena dihari inilah nanti akan ada penyematan slayer TBM Vertex sebagai tanda bahwa mereka sudah menjadi bagian dari TBM Vertex.Setelah penyematan slayer dilanjutkan dengan upacara, dan ritual yang tidak akan pernah dilupakan yaitu penciuman bendera TBM Vertex , menyanyikan hymne TBM Vertex, dan juga sumpah TBM Vertex.





 


Beliau-beliau adalah penasihat, dan senior-senior yang sudah menjadi dokter dan dokter spesialis

Setelah upacara selesai kita lanjut beres-beres untuk kembali ke Jember. Alhamdulillah bisa sampai di Jember malam hari dengan selamat semua.

Selamat datang adek-adek Angkatan XIII TBM Vertex, ditunggu kontribusinya dan semoga amanah. Amin

Download video disini : https://drive.google.com/file/d/0B3YEGJQovTy8S1EyQVFCeFd2TUk/view?usp=docslist_api

 

"BROTHERHOOD FOR HUMANITY"

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.