Senin, 07 Mei 2012

SemWil PTBMMKI 2012 - KPLA UNAIR





Dear Vertexer . .
Ada berita baru dari TBM Vertex tercinta nih. .Tanggal 3-5 Mei lalu TBM Vertex mengirimkan lima delegasinya dalam acara Seminar Wilayah Se-Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. Yang diadakan oleh Kelompok Pecinta Lingkunan Aesculap (KPLA) Unair. Lima delegasi tersebut adalah Adimas, Sani, Ima, Evi, dan Galuh. Pendelegasian ini selain bertujuan untuk menambah ilmu dan ketrampilan dari anggota TBM Vertex juga sebagai sarana memperkenalkan TBM Vertex biar bisa eksis di kancah nasional.

Oke kita mulai cerita pendelegasian semwil kali ini ..
Pada suatu hari kami berangkat dari kota yang berbeda, Galuh dari rumahnya di Tulungagung, Evi, Sani, dan Ima berangkat dari Jember, dan Adimas yang rumahnya memang di Surabaya bertugas sebagai penyedia tempat penampungan bagi empat delegasi lainnya. Pukul 14.00 kami sudah berkumpul di rumah Adimas dan tepat pukul 19.00 LO dari KPLA menjemput kami untuk check in. Setelah check in para delegasi digiring ke sebuah ruangan di kampus FK Unair untuk acara malam keakraban. Vertex jadi yang pertama dateng lhooo, juga diadakan lomba foto ter-gokil dan Vertex lah pemenangnya. 
Setelah acara Makrab yang berlangsung cukup meriah dan diisi dengan perkenalan dari delegasi masing-masing TBM, antara lain Lakesma dari UB, Gen Corps dari Keperawatan Unair, Bumi Gora dari Unram, Janar Duta dari Unud, Nurul Qolbi dari UMM, dan juga TBM dari UWK dan Unisma para delegasi digiring kembali ke kamar untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk seminar keesokan harinya.

Hiyaaa pagi menjelang dan acara dilanjutkan kembali, kami dibawa ke Aula FK Unair untuk acara pembukaan serta Seminar dan Simulasi yang bertemakan Time Saving is Live Sacving. Kami mendapat materi tentang BLS, Bleeding dan Fracture, Evakuasi Darat, Radio Komuniakasi, dan Disaster Management. Materi disampaikan oleh staff ahli dari RSUD dr. Soetomo dan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, selanjutnya diadakan simulasi dan skill station sesuai mataeri yang diberikan. Simualsinya kereeen banget, para delegasi beanr-benar dihadapkan pada kondisi bencana dimana saat itu bencananya adalah ledakan LPG di pemukiman warga.
Acara selanjutnya adalah memorial time yang diadakan di House of Sampoerna, delegasi diajak berkeliling museum dan sebelumnya diadakan acara evaluasi tentang simulasi yang dilakukan siang tadi. Intinya secara teori keseluruhan delegasi dibilang sudah cukup bisa tapi ternyata prakteknya kami masih perlu banyak berlatih. Setelah tour di House of Sampoerna selesai para delegasi digirng kembali ke penginapan untuk istirahat.

The last day in Semwil..
Acara pertama di hari terakhir adalah Bakti Sosial untuk Pasukan Kuning yang bertempat di FK Unair, pertama mereka diberikan penyuluhan tentang bagaimana memperhatikan keselamatan kerja dan bagaimana cara mendaur ulang sampah, setelah itu acara dilanjutkan dnegan cek kesehatan gratis untuk semua pasukan kuning yang dilakukan oleh semua delegasi dan didampingi oleh dokter muda dan dokter dari KPLA. Selesai Bakti Sosial para delegasi diajak untuk tour di Dukuh Setro, suatu tempat pemukiman warga yang menjadi pemenang dalam lomba Surabaya Green and Clean tahun 2011. Di Dukuh Setro kami diajari bagaimana untuk mendaur ulang sampah dan berbagai cara menjaga lingkungan agar tetap bersih dan bebas dari sampah. Sayangnya kami berlima tidak bisa mengikuti acara sampai selesai karena harus sudah kembali ke Jember sesuai dengan jadwal kereta, akhirnya kami berpamitan kepada seluruh delegasi lainnya dan diantar ke stasiun untuk kembali ke Jember.

Itulah sedikit cerita tentang semwil kemarin, banyak yang bisa kami dapat dari acara tersebut, mulai dari ilmu baru, ketrampilan baru, teman baru, dan juga bisa menggali cerita dari TBM lain di Indonesia. Semoga pendelegasian kali ini bisa bermanfaat
Terimakasih ..

Vertex JAYA !

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.